I.
PENDAHULUAN
Kegiatan
penyusunan program bimbingan dan konseling di sekolah , perlu dipersiapkan
dengan baik. Persiapan penyusunan program bimbingan dan konseling di sekolah
adalah seperangkat kegiatan yang dilakukan melalui berbagai bentuk survei,
untuk menginventarisasi tujuan, kebutuhan, kemampuan sekolah, serta persiapan
sekolah untuk melaksanakan program bimbingan dan konseling.
Tahap persiapan penyusunan program bimbingan
dan konseling ini mempunyai arti yang penting untuk menarik perhatian dan minat
dalam kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah , serta menentukan tolak ukur
program bimbingan dan konseling. Juga memelihara suasana psikologis yang
menguntungkan , karena semua pihak terlibat di dalamnya untuk ikut serta secara aktif partisipasi
sejak awal kegiatan dalam persiapan penyusunan program . dengan demikian
dapatlah dikatakan bahwa tahap persiapan adalah seperangkat kegiatan
mengumpulkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk penyusunan program bimbingan
dan konseling. [1]
II.
Rumusan Masalah
A.
Bagaimana pola umum bimbingan konseling ?
B.
Bagaimana contoh format program bimbingan semester ?
C.
Bagaimana menyusun program bimbingan tahunan ?
D.
Bagaimana contoh program bimbingan
di sekolah dasar / MI ?
III.
Pembahasan
A.
Pola Umum Bimbingan Konseling
Berikut
ini dikemukakan butir-butir pokok tentang bimbingan dan konseling yang berlaku
umum untuk peserta didik sebgai sasaran layanan disegenap jenjang dan jenis
pendidikan. Pola umum bimbingan dan konseling disekolah sering disebut dengan BK
Pola 17, karena di dalamnya termktub 17 butir pokok yang perlu diperhatikan
dalam penyelenggaraannya di sekolah. Pola umum tersebut dapat digambarkan
dengan diagram sebagai berikut:
Dari diagram diatas dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut
1. Seluruh
kegiatan bimbingan dan konseling (BK) didasari satu pemahaman yang menyeluruh
dan terpadu tentang Wawasan dasar BK yang peliputi pengertian, tujuan fungsi,
prinsip, dan asas-asas BK.
2. Kegiatan
BK secara menyeluruh meliputi empt bidang bimbingn, yaitu bimbingan pribadi,
bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karier.
3. Kegiatan
BK dalam keempat bidang bimbingannya itu diselenggarakan melalui tujuh jenis
layanan, yaitu layanan orientasi, informasi, penempatan/penyaluran, pembelajran
konseling, perorangan, bimbingan kelompok, dan konseling kelompok.
4. Untuk
mendukung ketujuh jenis layanan itu diselenggarakan lima jenis layanan
pendukung, yaitu instrumentasi bimbingan dan konseling, himpunan data,
konferensi kasus, kunjunagan rumah dan laih tangan kasus. [3]
B.
Contoh Format Program Bimbingan Semester
Program
Semester Bidang BK di Sekolah
1.
Jenis Kegiatan : menyusun program semester pengawasan
sekolah bidang BK
2. Tujuan
: menyiapkan rencana operasional pengawasan
sekolah bidang BK untuk seluruh sekolah
yang akan di awasi dalam cakupan waktu semester.
3. Komponen
/
Isi Program : meliputi
a. Sekolah
yang akan dikunjungi/diawasi,
b. Waktu/
jadwal pengawasan,
c.
Alat pengumpul data pengawasan dan analisis
data,
d. Substansi
yang akan di awasi ,
e. Pendekatan
/ metode yang di gunakan dalam pengawasan .
4.
Acuan kegiatan : Program tahunan
pengawasan bidang BK
5. Penugasan
diri : koordinator pengawas sekolah
6. Kabupaten /
kota madya : kabupaten.....
7. Satuan
waktu program : semester 1 dan II tahun ajaran ....
8.
Program ini di susun :
Tgl...., bulan..., tahun...
9. Program
semseter
yang telah disusun : .....[4]
C. Contoh Menyusun Program Bimbingan Tahunan
LAPORAN KEGIATAN
Menyusun Program Tahunan Pengawasan Sekolah
Bidang BK
Merumuskan Rancangan Program Tahunan
Pengawasan Sekolah Bidang BK[5]
1.
Jenis kegiatan:
menyusun program tahunan pengawasan sekolah bidang BK tingkat kabupaten atau
kota madya
2.
Tujuan:
menyiapkan kerangka dan rancangan bagi pelaksanaan kegiatan pengawasan sekolah
bidang BK selama setahun
3.
Spesifikasi
kegiatan: Merumuskan rancangan program
tahunan pengawasan sekolah bidang BK tingkat kabupaten/ kotamadya.
4.
Komponen/ isi
program: pokok-pokok isi program meliputi :
a)
Sarana program,
b)
Cara pencapaian
program,
c)
Waktu
penyelenggaraan (realisasi) program,
d)
Biaya
penyelenggaraan program,
e)
Sarana
penyelenggaraan program,
5.
Acuan kegiatan:
Hasil pengolahan dan analisis hasil pengawasan sekolah bidang BK tahun
sebelumnya.
6.
Penugasan dari:
Koordinator pengawas sekolah. (laporan ini dilampiri surat penugasan/
pengesahandari coordinator pengawas yang bersangkutan).
7.
Kabupaten/kotamadya
: kabupaten.......
8.
Satuan waktu
program : Tahun ajaran...../.....
9.
Rancangan
program disusun : Tgl....
10.
Hasil
perancangan program : sebagai contoh, berikut ini dikemukakan beberapa hal
pokok.
A)
Sasaran Program
Dengan memperhatikan hasil pengolahan dan analisis hasil pengawasan
tahun sebelumnya, sasaran program pengawasan BK tahun ajaran 1999/2000 adalah
berikut:
1.
Seluruh sekolah
yang menjadi tanggung jawab pengawas sekolah bidang BK, yaitu sekolah yang
terdiri atas 15 SMA, 4 SMK, 11 SLTP, negeri dan swasta.
2.
Materi BK yang
menjadi sasaran program:
a.
hasil bimbingan
siswa,
b.
kemampuan guru
pembimbing
c.
sumber daya
pendidikan, kegiatan BK, dan lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap
perkembangan dan hasil bimbingan siswa,
d.
pembinaan
kepada guru pembimbing dan tenaga lain di sekolah
e.
kondisi sekolah
lainnya yang berpengaruh kepada pelaksanaan pendidikan.
B)
Cara
penyampaian program
Langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk terselenggaranya program
adalah berikut ini:
1.
Mengunjungi
sekolah yang menjadi tanggung jawab pengawasan dan mengumpulkan data yang
menjadi sasaran program melalui:
a.
mengumpulkan
data yang sudah terekam didalam format-format yang telah tersedia
b.
mengadministrasikan
instrumen penilaian hasil bimbingan siswa dan kemampuan guru pembimbing.
c.
mengadakan
wawancara dengan siswa, guru pembimbing, dan pemimpin sekolah
d.
mengamati
pelaksanaan kegiatan BK serta prasarana, sarana, dan fasilitas penunjangnya.
2.
Mendiskusikan
teman-teman yang diperoleh pada butir no.1 dengan guru pembimbing dan
pemimpinan sekolah.
3.
Mengadakan
pembinaan kepada guru pembimbing arahan dan bimbingan, contoh dan saran
4.
Ikut serta
mengembangkan dan membina lingkungan sekolah untuk meningkatkan kinerja
pendidikan pada umumnya dan BK pada khususnya.
C)
Waktu, biaya,
dan sarana
D)
Lain-lain
Catatan
Laporan
ini dilengkapi rumusan rancangan program BK yang telah disusun.
Rambatan,
24 Juli 1999
Mengetahui/
Menyetujui Pengawasan
Sekolah BK
Koordinator
BK
Ttd ttd
Drs. Bahrum sainan Drs.
Duni Amuda
D. Struktur Program Bimbingan Di SD/ MI
CONTOH PROGRAM BIMBINGAN MI/ SD
No.
|
Jenis Layanan Bimbingan
|
Semester 1
|
Semester 2
|
Keterangan
|
||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1 s.d 12 bulan Jan s.d Des.
|
||
1.
|
Penyusunan program
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X = Waktu pelaksanaan
|
2.
|
Himpunan data, orientasi dan informasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Orientasi dan informasi bagi kelas 1
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Pemberian informasi kepada orang tua
|
X
|
|
|
X
|
|
|
|
X
|
|
|
|
X
|
|
3.
|
Penempatan/ penyaluran
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1
|
Identifikasi kemampuan peserta didik
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Penempatan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Kelas biasa
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Kelas unggulan
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Tempat duduk
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Kegiatan ekstrakurikuler
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Bimbingan untuk pengembangan penguasaan
tugas-tugas perkembangan
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
5.
|
Bimbingan belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Diagnostik dan pengajaran remedial
|
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
? =
pelaksanaan disesuaikan dengan kebutuhan
|
|
b. Pengayaan
|
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
|
6.
|
Konseling
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Peserta didik yang mengalami hambatan
sosial pribadi
|
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
|
|
b. Peserta didik yang mengalami hambatan
dalam pengembangan moral
|
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
|
|
c. Peserta didik yang mengalami hambatan
dalam pengembangan
|
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
|
7.
|
Bimbingan
karir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Identifikasi bakat dan kemampuan peserta
didik
|
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
|
|
b. Pengenalan lingkungan sekolah
|
X
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Persiapan memilih SLTP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
8.
|
Kerjasama dengan orang tua/ masyarakat
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
|
9.
|
Alih tangan kasus
|
|
|
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
?
|
|
|
|
10.
|
Evaluasi pelaksanaan bimbingan
|
|
|
|
X
|
|
|
|
X
|
|
|
|
X
|
|
11.
|
Analisis hasil pelaksanaan bimbingan
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
12.
|
Tindak lanjut
|
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
|
X
|
|
|
|
Struktur program bimbingan di MI/ SD terdiri dari empat komponen
kegiatan utama, yaitu:
1.
Layanan dasar
bimbingan
Yaitu layanan yang membantu peserta didik mengembangkan perilaku
efektif dan keterampilan dasar untuk kehidupan yang mengacu kepada tugas-tugas
perkembangan peserta didik SD.
2.
Layanan
responsif
Yaitu layanan yang ditujukan untuk membantu peserta didik dalam
bentuk mengintervensi masalah atau kepedulian pribadi peserta didik yang
dirasakan pada saat itu.
3.
Layanan
perencanaan individual
Yaitu membantu peserta didik membuat rencana pendidikan secara
tepat dan mengimplementasikan rencana-rencana pendidikannya itu secara terarah.
4.
Dukungan sistem
Merupakan kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memantapkan,
memelihara, dan meningkatkan program bimbingan secara menyeluruh melalui
pengembangan, hubungan masyarakat dan staf, konsultasi dengan guru, staf atau
ahli/ penasehat, masyarakat yang lebih luas, manajemen program, penelitian dan
pengembangan.
Keempat komponen layanan utama bimbingan di atas perlu didukung
oleh layanan lainnya, yaitu: 1) pengumpulan data, 2) layanan orientasi dan
pemberian informasi, 3) layanan penempatan, 4) konseling, 5) referrel atau alih
tangan, 6) evaluasi dan tindak lanjut. Program bimbingan tidak akan berjalan
dengan baik bilamana tidak didukung oleh organisasi dan administrasi bimbingan
memadai.[6]
IV.
Kesimpulan
Butir-butir
pokok tentang bimbingan dan konseling yang berlaku umum untuk peserta didik
sebgai sasaran layanan disegenap jenjang dan jenis pendidikan. Pola umum
bimbingan dan konseling disekolah sering disebut dengan BK Pola 17,
karena di dalamnya termaktub 17 butir pokok yang perlu diperhatikan dalam
penyelenggaraannya di sekolah.
Program Tahunan, yaitu program pelayanan Bimbingan dan
Konseling meliputi seluruh kegiatan selama satu tahun untuk masing-masing kelas
di sekolah / madrasah.
Sedangkan Program Semesteran, yaitu program pelayanan Bimbingan dan Konseling meliputi seluruh kegiatan selama satu semester yang merupakan jabaran program tahunan.
Sedangkan Program Semesteran, yaitu program pelayanan Bimbingan dan Konseling meliputi seluruh kegiatan selama satu semester yang merupakan jabaran program tahunan.
Struktur
program bimbingan di MI / SD terdiri dari empat komponen kegiatan utama, yaitu:
Layanan dasar bimbingan, Layanan responsif, Layanan perencanaan individual dan
Dukungan sistem.
V.
Penutup
Demikianlah makalah
yang dapat kami susun. Semoga dapat bermanfaat dan
menambah pengetahuan kita tentang dalam mata kuliah Bimbingan dan Konseling. Kritik dan saran yang
membangun dari pihak pembaca sangat kami harapkan demi perbaikan makalah ini.
[1] Dewa
Ketut Sukardi dan Nila Kusmawati, Proses
Bimbingan dan Konseling di Sekolah, ( Jakarta : PT Rineka Cipta, 2008 ),
hlm. 36
[3] Prayitno, Panduan Kegiatan
Pengawasan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah ,(Jakarta: PT Rineka Cipta, 2001), hlm. 65- 66
[4] Prayitno, Panduan Kegiatan
Pengawasan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah ,(Jakarta: PT Rineka Cipta, 2001), hlm. 114-115
[5]
Prayitno, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah,(Jakarta:
PT Rineka Cipta, 2001), hlm. 106-110
[6]
Amin Budiamin, dan Setiawati, Bimbingan Konseling, (Jakarta: Direktorat
Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2009), hlm.
170-172
Tidak ada komentar:
Posting Komentar