salju

Rabu, 07 Januari 2015

Cara membaca dengan cepat dan mudah paham

Cara membaca dengan cepat dan mudah paham
3 model cara membaca dengan cepat dan mudah paham ini adalah serangkaian tips dan trik membaca cepat dengan waktu yang singkat namun tetap memahami dan mengerti isi suatu bacaan itu. Membaca ibarat membuka cakrawala keilmuan kita, membaca bagaikan membuka jendela dunia. Orang akan bertambah pengetahuannya dan menjadi pintar lewat membaca. Itulah mengapa membaca sangat penting untuk kita lakukan. Orang yang rajin membaca akan memiliki banyak pengetahuan serta informasi yang ia dapat. Membaca berasal dari kata dasar baca yang artinya memahami arti tulisan. Sekarang ini hampir setiap orang bisa membaca. Namun, tidak setiap orang yang bisa membaca mampu memahami bacaan yang dibacanya, apalagi kalau bacaanya adalah buku pelajaran.

Bagi sebagian orang membaca harus dilakukan dengan konsentrasi yang tinggi. dengan berkonsentrasi kita mampu meningkatkan pemahaman kita dalam membaca. Tapi, bagaimana bisa berkonsentrasi kalau waktu yang tersedia hanya sedikit dan tidak cukup, sedangkan bacaan yang harus dibaca masih banyak?! Maka solusinya yaitu kita harus membaca dengan cepat. Lalu, Bagaimana cara membaca dengan cepat?.  Jika ingin tahu caranya silahkan lanjtkan membaca karena ada
3 model cara membaca dengan cepat dan mudah paham isinya yang belajar kreatif bagikan dibawah ini.
Ada 3 model yang biasa digunakan para pakar untuk membaca dengan cepat. Ketiga model itu adalah, membaca dengan model line by line, membaca melingkar, dan membaca model spiral.
Membaca dengan model line by line 
Dilakukan dengan membaca secara berurutan dari baris pertama sampai baris terahir. Ini biasa digunakan bagi mereka yang membaca bacaan yang bersifat padat, banyak terdapat istilah asing, atau untuk bacaan yang terbilang masih berupa bacaan baru bagi pembaca. Ini sering kita alami ketika masih SD atau SLTP, karena siswa yang baru mengenal bahan bacaan baru pasti merasa khawatir kalau-kalau ada bacaan atau informasi yang terlewat jika membaca dengan cepat-cepat.
Membaca dengan model melingkar
Model ini dilakukan dengan mencari kata kunci. Kita dapat membaca dengan acak untuk menemukan kata kunci dalam sebuah bacaan, agar bisa mengerti inti dari bacaan. Selebihnya menggunakan akal pikiran dan logika untuk menghubungkanya. Ini biasanya digunakan untuk membaca bacaan ringan seperti Koran, majalah, dan sebagainya.
Membaca dengan model spiral
Metode spiral ini dilakukan dengan tidak membaca seluruh bacaan yang ada, namun dengan membaca zig-zag seperti spiral. Kalimat yang terbaca memang tidak tersambung dengan sempurna, namun itu adalah proses kreatif pembaca untuk mencari kata penghubung sesuai dengan rasio dan pemikiran kita. Ini akan membuat kita menyimpulkan sendiri informasi yang didapat.
Pola membaca cepat yang baik

Sebelum membaca sebaiknya kita menyiapkan segala sesuatu yang mendukung supaya acara membaca jadi menyenangkan, lalu bagaimana caranya?
  1. Pertama: cari waktu yang tepat untuk membaca. Waktu dimana kamu tidak akan terganggu dengan aktivitas yang penuh konsentrasi ini.
  2. Kedua: pilihlah tempat yang suasananya mendukung. Kalian tentu lebih mengenali tempat favorit untuk membaca, khususnya tempat yang terang, sejuk, bersih, rapi, dan tenang. Namun boleh juga jika lebih suka membaca dengan diiringi music. Ketika membaca posisi badanmu juga tidak boleh membungkuk. Duduklah dengan posisi badan tegak dan pastikan jarak antara buku dengan mata berkisar kurang lebih 30 centimeter. Dan satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu berdo’a sebelum mebaca.
  3. Ketiga: agar dapat membaca dengan cepat dan banyak informasi yang dapat kita terima, kita harus membiasakan diri kita untuk jangan membaca per kata dan seleksilah bacaan kita ketika membaca.  Ketika kita membaca, kita akan menangkap informasi ketika mata kita berhenti bergerak. Ada jeda bagi mata kita untuk mencerna informasi yang didapat. Jadi, kuncinya adalah ketika membaca usahakan agar meminimalkan jumlah gerakan mata terhenti, dan pada saat yang sama maksimalkan jumlah kata yang terbaca dalam setiap satu putaran gerakan mata. Sadarilah ketika membaca bahwa sebenarnya dalam satu halaman buku itu hanya akan terdapat beberapa bagian kunci saja yang berguna dan penting bagi pembaca, sehingga ketika membaca matanya melakukan gerakan cepat atau diistilahkan dengan “SCAN”. Men-scan dilakukan dengan membaca secara cepat halaman buku tersebut baik dengan cara vertical ataupun horizontal pada saat yang bersamaan.

Namun, dari semua pola membaca diatas, cara membaca yang paling bijaksana adalah dengan mengkombinasikan ketiga pola baca tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar