salju

Rabu, 07 Januari 2015

RPP aqidah akhlak





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan      :  MI Walisongo
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Tema / sub tema          :  Akhlak terpuji nabi dan rasul
Kelas/Semester            : IV (Empat )/ II (Dua)
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit

A.  Kompetensi Inti

KI-1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar

1.3  Meyakiniadanyanabidanrasul Allah Swt
3.3   Menjelaskan nama-nama nabi, rasul Allah Swt dan Ulul Azmi, sertasifat-sifat nabi dan rasul.
4.3    Menyajikan peta konsep nama-nama nabi, rasul Allah Swt dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul



 C.Indikator KD :
1.        Menjelaskan pengertian sifat sidiq, amanah, tablig dan fathanah.
2.        Menjelaskan ciri-ciri sidiq, amanah, tablig dan fathanah.
3.        Menjelaskan contoh sikap sidiq, amanah, tablig, dan fathanah.
4.        Menjelaskan hikmah membiasakan  berprilaku sidiq, amanah, tablig dan fathanah.
5.        Membiasakan prilaku sikap sidiq, amanah, tablig, dan fathanah dalam  kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan Pembelajaran
1.   Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match serta media kartu peserta didik dapat menjelaskan pengertian nabi dan rasul Allah Swt.
2.   Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match serta media kartu peserta didik dapat menyebutkan nama-nama nabi dan rasul Allah Swt.
3.   Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match serta media kartu peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada nabi dan rasul Allah Swt.
4.   Melalui kegiatan meneladani peserta didik dapat menunjukkan perilaku akhlak mulia sebagai manifestasi beriman kepada nabi dan rasul Allah Swt

E . Materi  Pembelajaran
Sifat wajib nabi dan rasul meliputi Siddiq , amanah , tabligh dan fathanah

F. Metode Pembelajaran
    
Metode :  Tanya jawab, Make a Match
   Model   : Everyone is a Teacher Here

G. Media dan Pembelajaran

1.    Kementerian agama Republik Indonesia. 2014,  Buku siswa aqidah akhlak , Jakarta : DirektoratPendidikan Madrasah, hlm.192 - 204
2.    Tim bina karya Guru, 2008,Bina akidah dan akhlak kelas 4, Jakarta :erlangga, hlm.79-84
3.    Kertas, Power Point.
4.    Diri anak, lingkungan sekolah dan sekitar.
H. Kegiatan Proses Pembelajaran

     Materi Ajar  :Akhlak Terpuji rasul dan nabi Allah Swt

Kegiatan
    
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu


Pendahuluan
1.   Mengajak semua peserta didik  berdo’a (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran peserta didik
3.   Mengajak Semua Siswa menyanyi  “Akhlak Terpuji Nabi ”. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu ? apa    akhlak terpuji yang dimiliki oleh nabi dan rasul ?
4. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan mengkaitkannya dengan unit pembahasan
5. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu Akhlak terpuji nabi dan rasul
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Inti
1.  Peserta didik diajak untuk mencermati sebuah kisah.( mengamati )
2.   Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya kaitannya dengan kisah.Misalnya, akhlak terpuji apa yang dimiliki orang tersebut? Apa yang orang itu lakukan? Apa akibat dari akhlaktersebut? (menanya )
20 menit




3.   Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawabanpertanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.( mencoba )
4.  Guru Membagikan kertas kepada peserta didik dan meminta mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi pokok yang sedang dipelajari. ( menalar )
5.  Guru Mengumpulkan kertas-kertas tersebut, dikocok dan dibagikan kembali secara acak kepada masing-masingpeserta didik dan diusahakan pertanyaan tidak kembali kepada yang bersangkutan.( mencoba, membuat jaring )
6.  Peserta didik diminta untuk membacakan pertanyaan yang ada ditangannya dan memberikan jawaban/penjelasan atas pertanyaan tersebut, kemudian mintalah kepada teman sekelasnya untuk memberikan tanggapan.( mengasosiasi )
7.  Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi akhlak terpuji nabi dan rasul.


Penutup
1.    Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi akhlak terpuji nabi dan rasul .( menyimpulkan, menyajikan, mengkomunikasikan)
2.    Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan akhlak terpuji nabi dan rasul.
3.    Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja yang belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh dilakukan
4.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri  kegiatan pembelajaran)
5         menit

I.   Penilaian

1)      Prosedur penilaian
a.       Penilaian proses
         Menggunakan format pengamatan ( lembar pengamatan ) yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian hasil belajar
         Menggunakan instrumen hasil belajar dengan tes tertulis  yaitu tes isian singkat dan essay dan (terlampir )
2)      Instrumen penilaian 
a.         Penilaian proses
·         Lembar pengamatan  dan penilaian teman sejawat
b.        Penilaian hasil belajar
·         Testertulis ( uraian)
1.      Penilaian proses
Penilaian: Observasi (Pengamatan)


Lembar Pengamatan sikap siswa

No
Nama Peserta didik
Aspek Perilaku Belajar yang Diamati
Jml Skor
Keterlibatan
Inisiatif
Tangung jawab
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.











2.











3.
























Keterangan:
( Indikator) Keaktifan 
1.      Mengikuti proses pembelajaran dengan baik
2.      Membaca materi pelajaran dengan tuntas
3.      Bertanya dengan inisiatif sendiri
4.      Menjawab pertanyaan guru
5.      Menjawab pertanyaan peserta didik lain
6.      Mengajukan ide atau gagasan.
·      Tinggi           : jika4 – 6 muncul , maka nilai ( 3 )
·      Sedang         : jika3 – 4 muncul , maka nilai ( 2 )
·      Rendah         : jika1-2 muncul , maka nilai ( 1 )
( Indikator) Kerja sama  :
·         Tinggi   :   -   bekerja sama dengan semangat yang tinggi
-        dalam bekerja sama tanpa membedakan teman
-        dalam bekerja sama tanpa merendahkan teman yang kurang mampu
·         Sedang  : -   maubekerjasama
-        dalam bekerja sama masih memilah-milih teman dalam kelompok
-        dalam bekerja sama masih ada unsur merendahkan teman yang kurang mampu
·         Rendah  :  -   mau bekerja sama karena keterpaksaan
-   tidak mau bekerja sama   





( Indikator)  Tanggung jawab  :

Ø  Melaksanakantugasdengansungguh-sungguh
Ø  Melaksanakantugastepatwaktu
Ø  Melaksanakantugasdenganperolehan hasil yang maksimal

·  Tinggi           : jika3 indikator  muncul , maka nilai ( 3 )
·  Sedang         : jika2 indikator muncul , maka nilai ( 2 )
·  Rendah         : jika1 indikator muncul , maka nilai ( 1 )

Contoh: Format penilaian teman sebaya

No
Pernyataan

Skala

4
3
2
1
1.
Teman saya berkata benar, apa adanya kepada orang lain




2.
Teman saya mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolah




3.
Teman saya mentaati peraturan (tata-tertib) yang diterapkan




4.
Teman saya memperhatikan kebersihan diri sendiri




5.
Teman saya menolong teman yang sedang mendapatkan kesulitan




6.
Teman saya terbiasa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan petunjuk guru




7.
Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu apabila diberikan tugas oleh guru




8.
Teman saya berusaha bertutur kata yang sopan kepada orang lain




9.
Teman saya berusaha bersikap ramah terhadap orang lain




10.
Teman saya mengembalikan peralatan sekolah dengan baik




11.
........





Keterangan :
4 = Selalu
3 = Sering
2 = Jarang
1 = Sangat jarang

2.      Penilaian Hasil
A.    JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!
1.     Tuliskan contoh perilaku tabligh!
2.     Bagaimana cara untuk memiliki sifat fathanah!
3.     Apa keuntungan apabila kita  bersifat siddiq  dan amanah!
4.     Apa akibatnya apabila kita bersifat kidzib!
5.     Apa keuntungan apabila kita bersifat tabligh dan fathanah!
Kunci jawaban uraian :
1.                  Menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya.
2.                  Belajar dengan bersungguh-sungguh.
3.                  Mendapat kepercayaan dari orang lain
4.                  Dibenci orang lain.
5.                  Akan disenangi orang lain dan tercapai cita-citanya









Rubrik Penilaian
No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
2.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
3.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
4.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
5.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
Skor tertinggi 30
                                  Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ------------------------------ x 100
Skor Maksimal










Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V) diantara kolom  benar, ragu-ragu  dan salah !
NO
PERNYATAAN
JAWABAN





B
RR
S
1
Suatu ketika kamu lupa membawa buku PR. Pak guru akan memeriksa Pr mu hari ini. Kamu takut pak  guru akan marah. Teman mu  menyarankan untuk membuat PR itu pada buku yang baru.



2
Kamu akan berlibur di rumah Paman. Sebelum berangkat, ibu menitipkan pesan untuk  paman mu. Ternyata kamu lupa menyampaikan pesan tersebut hingga hari terakhir kamu akan berpamitan pulang.



3
Temanmu mendapat nilai yang buruk dalam ulangan harian. Ia bercerita padamu bahwa ia amat malu dengan nilai itu. Ia juga berpesan agar kamu merahasiakan nilai ulangannya.



4
Kamu tidak dapat menguasai pelajaran matematika. Meskipun  kamu telah mempelajarinya dengan tekun seorang diri, namun terasa berat untuk dapat mengerti soal-soal matematika.



5
Beberapa tahun lalu, di Indonesia dihebohkan oleh berita adanya seseorang yang menganggap dirinya seorang nabi dan rasul setelah Nabi Muhammad saw, misalnya Lia Eden dan Musadeq. Keduanya mengaku menerima wahyu untuk disampaikan kepada umat manusia.




Keterangan :
B
 = 
Benar
RR
 =
Ragu- ragu
S
 =
Salah






Rubrik Penilaian
No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1.
Sangat Setuju skor 6, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1
6
2.
Sangat Setuju skor 1, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 6
6
3.
Sangat Setuju skor 6,  Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1
6
4.
Sangat Setuju skor 1,  Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 6
6
5.
Sangat Setuju skor 6,  Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1
6

Skor tertinggi 30
                                             Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ------------------------------ x 100
                                             Skor Maksimal
Penilaian Kinerja
Ceritakanlah pengalamanmu berprilaku shiddiq, amanah, tablig atau fathanah di Madrasah!
Rubrik Penilaian
No.
Nama Peserta didik
Kategori






Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1.





2.





3.






Keterangan
Amat Baik : Jika tingkat penguasaan teks baik, intonasi baik, dan mimik baik.
Baik : Jika tingkat penguasaan teks baik, intonasi baik, dan mimik tidak baik.
Cukup : Jika tingkat penguasaan teks baik, intonasi tidak baik, dan mimik tidak baik  Kurang : Jika tingkat penguasaan teks tidak baik, intonasi tidak baik, dan mimik tidak baik.
Tugasku
Bekerjasamalah dengan orang tua untuk mencatat apa saja yang sudah kalian lakukan yang sesuai dengan sifat-sifat nabi dan rasul di rumah!
Rubrik Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut.
1)   Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2)   Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3)   Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik kurang sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.









 LEMBARPENILAIAN
No
NamaSiswa
Performance
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






Mengetahui ,                                                              Semarang, 2 desember 2014
Kepala sekolah MI Walisongo                                                Guru kelas IV                                                                                                                        


Ismail , SM, M.Ag
NIP. 1122466345112014



Alfi Nur  Santi
NIM. 123911031


  



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan      :  MI Walisongo
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Tema / sub tema          :  Akhlak terpuji nabi dan rasul
Kelas/Semester            : IV (Empat )/ II (Dua)
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit

A.  Kompetensi Inti

KI-1    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar

1.3  Meyakiniadanyanabidanrasul Allah Swt
3.3   Menjelaskan nama-nama nabi, rasul Allah Swt dan Ulul Azmi, sertasifat-sifat nabi dan rasul.
4.3    Menyajikan peta konsep nama-nama nabi, rasul Allah Swt dan Ulul Azmi, serta sifat-sifat nabi dan rasul



 C.Indikator KD :
1.        Menjelaskan pengertian sifat sidiq, amanah, tablig dan fathanah.
2.        Menjelaskan ciri-ciri sidiq, amanah, tablig dan fathanah.
3.        Menjelaskan contoh sikap sidiq, amanah, tablig, dan fathanah.
4.        Menjelaskan hikmah membiasakan  berprilaku sidiq, amanah, tablig dan fathanah.
5.        Membiasakan prilaku sikap sidiq, amanah, tablig, dan fathanah dalam  kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan Pembelajaran
1.   Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match serta media kartu peserta didik dapat menjelaskan pengertian nabi dan rasul Allah Swt.
2.   Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match serta media kartu peserta didik dapat menyebutkan nama-nama nabi dan rasul Allah Swt.
3.   Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match serta media kartu peserta didik dapat menjelaskan hikmah beriman kepada nabi dan rasul Allah Swt.
4.   Melalui kegiatan meneladani peserta didik dapat menunjukkan perilaku akhlak mulia sebagai manifestasi beriman kepada nabi dan rasul Allah Swt

E . Materi  Pembelajaran
Sifat wajib nabi dan rasul meliputi Siddiq , amanah , tabligh dan fathanah

F. Metode Pembelajaran
    
Metode :  Tanya jawab, Make a Match
   Model   : Everyone is a Teacher Here

G. Media dan Pembelajaran

1.    Kementerian agama Republik Indonesia. 2014,  Buku siswa aqidah akhlak , Jakarta : DirektoratPendidikan Madrasah, hlm.192 - 204
2.    Tim bina karya Guru, 2008,Bina akidah dan akhlak kelas 4, Jakarta :erlangga, hlm.79-84
3.    Kertas, Power Point.
4.    Diri anak, lingkungan sekolah dan sekitar.
H. Kegiatan Proses Pembelajaran

     Materi Ajar  :Akhlak Terpuji rasul dan nabi Allah Swt

Kegiatan
    
Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu


Pendahuluan
1.   Mengajak semua peserta didik  berdo’a (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran peserta didik
3.   Mengajak Semua Siswa menyanyi  “Akhlak Terpuji Nabi ”. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu ? apa    akhlak terpuji yang dimiliki oleh nabi dan rasul ?
4. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan mengkaitkannya dengan unit pembahasan
5. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu Akhlak terpuji nabi dan rasul
6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

10 menit
Inti
1.  Peserta didik diajak untuk mencermati sebuah kisah.( mengamati )
2.   Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya kaitannya dengan kisah.Misalnya, akhlak terpuji apa yang dimiliki orang tersebut? Apa yang orang itu lakukan? Apa akibat dari akhlaktersebut? (menanya )
20 menit




3.   Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawabanpertanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.( mencoba )
4.  Guru Membagikan kertas kepada peserta didik dan meminta mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi pokok yang sedang dipelajari. ( menalar )
5.  Guru Mengumpulkan kertas-kertas tersebut, dikocok dan dibagikan kembali secara acak kepada masing-masingpeserta didik dan diusahakan pertanyaan tidak kembali kepada yang bersangkutan.( mencoba, membuat jaring )
6.  Peserta didik diminta untuk membacakan pertanyaan yang ada ditangannya dan memberikan jawaban/penjelasan atas pertanyaan tersebut, kemudian mintalah kepada teman sekelasnya untuk memberikan tanggapan.( mengasosiasi )
7.  Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi akhlak terpuji nabi dan rasul.


Penutup
1.    Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi akhlak terpuji nabi dan rasul .( menyimpulkan, menyajikan, mengkomunikasikan)
2.    Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan akhlak terpuji nabi dan rasul.
3.    Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja yang belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh dilakukan
4.     Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri  kegiatan pembelajaran)
5         menit

I.   Penilaian

1)      Prosedur penilaian
a.       Penilaian proses
         Menggunakan format pengamatan ( lembar pengamatan ) yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian hasil belajar
         Menggunakan instrumen hasil belajar dengan tes tertulis  yaitu tes isian singkat dan essay dan (terlampir )
2)      Instrumen penilaian 
a.         Penilaian proses
·         Lembar pengamatan  dan penilaian teman sejawat
b.        Penilaian hasil belajar
·         Testertulis ( uraian)
1.      Penilaian proses
Penilaian: Observasi (Pengamatan)


Lembar Pengamatan sikap siswa

No
Nama Peserta didik
Aspek Perilaku Belajar yang Diamati
Jml Skor
Keterlibatan
Inisiatif
Tangung jawab
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.











2.











3.
























Keterangan:
( Indikator) Keaktifan 
1.      Mengikuti proses pembelajaran dengan baik
2.      Membaca materi pelajaran dengan tuntas
3.      Bertanya dengan inisiatif sendiri
4.      Menjawab pertanyaan guru
5.      Menjawab pertanyaan peserta didik lain
6.      Mengajukan ide atau gagasan.
·      Tinggi           : jika4 – 6 muncul , maka nilai ( 3 )
·      Sedang         : jika3 – 4 muncul , maka nilai ( 2 )
·      Rendah         : jika1-2 muncul , maka nilai ( 1 )
( Indikator) Kerja sama  :
·         Tinggi   :   -   bekerja sama dengan semangat yang tinggi
-        dalam bekerja sama tanpa membedakan teman
-        dalam bekerja sama tanpa merendahkan teman yang kurang mampu
·         Sedang  : -   maubekerjasama
-        dalam bekerja sama masih memilah-milih teman dalam kelompok
-        dalam bekerja sama masih ada unsur merendahkan teman yang kurang mampu
·         Rendah  :  -   mau bekerja sama karena keterpaksaan
-   tidak mau bekerja sama   





( Indikator)  Tanggung jawab  :

Ø  Melaksanakantugasdengansungguh-sungguh
Ø  Melaksanakantugastepatwaktu
Ø  Melaksanakantugasdenganperolehan hasil yang maksimal

·  Tinggi           : jika3 indikator  muncul , maka nilai ( 3 )
·  Sedang         : jika2 indikator muncul , maka nilai ( 2 )
·  Rendah         : jika1 indikator muncul , maka nilai ( 1 )

Contoh: Format penilaian teman sebaya

No
Pernyataan

Skala

4
3
2
1
1.
Teman saya berkata benar, apa adanya kepada orang lain




2.
Teman saya mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolah




3.
Teman saya mentaati peraturan (tata-tertib) yang diterapkan




4.
Teman saya memperhatikan kebersihan diri sendiri




5.
Teman saya menolong teman yang sedang mendapatkan kesulitan




6.
Teman saya terbiasa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan petunjuk guru




7.
Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu apabila diberikan tugas oleh guru




8.
Teman saya berusaha bertutur kata yang sopan kepada orang lain




9.
Teman saya berusaha bersikap ramah terhadap orang lain




10.
Teman saya mengembalikan peralatan sekolah dengan baik




11.
........





Keterangan :
4 = Selalu
3 = Sering
2 = Jarang
1 = Sangat jarang

2.      Penilaian Hasil
A.    JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!
1.     Tuliskan contoh perilaku tabligh!
2.     Bagaimana cara untuk memiliki sifat fathanah!
3.     Apa keuntungan apabila kita  bersifat siddiq  dan amanah!
4.     Apa akibatnya apabila kita bersifat kidzib!
5.     Apa keuntungan apabila kita bersifat tabligh dan fathanah!
Kunci jawaban uraian :
1.                  Menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya.
2.                  Belajar dengan bersungguh-sungguh.
3.                  Mendapat kepercayaan dari orang lain
4.                  Dibenci orang lain.
5.                  Akan disenangi orang lain dan tercapai cita-citanya









Rubrik Penilaian
No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
2.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
3.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
4.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
5.
a.  Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b.  Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c.   Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
6
Skor tertinggi 30
                                  Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ------------------------------ x 100
Skor Maksimal










Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V) diantara kolom  benar, ragu-ragu  dan salah !
NO
PERNYATAAN
JAWABAN





B
RR
S
1
Suatu ketika kamu lupa membawa buku PR. Pak guru akan memeriksa Pr mu hari ini. Kamu takut pak  guru akan marah. Teman mu  menyarankan untuk membuat PR itu pada buku yang baru.



2
Kamu akan berlibur di rumah Paman. Sebelum berangkat, ibu menitipkan pesan untuk  paman mu. Ternyata kamu lupa menyampaikan pesan tersebut hingga hari terakhir kamu akan berpamitan pulang.



3
Temanmu mendapat nilai yang buruk dalam ulangan harian. Ia bercerita padamu bahwa ia amat malu dengan nilai itu. Ia juga berpesan agar kamu merahasiakan nilai ulangannya.



4
Kamu tidak dapat menguasai pelajaran matematika. Meskipun  kamu telah mempelajarinya dengan tekun seorang diri, namun terasa berat untuk dapat mengerti soal-soal matematika.



5
Beberapa tahun lalu, di Indonesia dihebohkan oleh berita adanya seseorang yang menganggap dirinya seorang nabi dan rasul setelah Nabi Muhammad saw, misalnya Lia Eden dan Musadeq. Keduanya mengaku menerima wahyu untuk disampaikan kepada umat manusia.




Keterangan :
B
 = 
Benar
RR
 =
Ragu- ragu
S
 =
Salah






Rubrik Penilaian
No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1.
Sangat Setuju skor 6, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1
6
2.
Sangat Setuju skor 1, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 6
6
3.
Sangat Setuju skor 6,  Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1
6
4.
Sangat Setuju skor 1,  Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 6
6
5.
Sangat Setuju skor 6,  Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1
6

Skor tertinggi 30
                                             Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ------------------------------ x 100
                                             Skor Maksimal
Penilaian Kinerja
Ceritakanlah pengalamanmu berprilaku shiddiq, amanah, tablig atau fathanah di Madrasah!
Rubrik Penilaian
No.
Nama Peserta didik
Kategori






Amat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1.





2.





3.






Keterangan
Amat Baik : Jika tingkat penguasaan teks baik, intonasi baik, dan mimik baik.
Baik : Jika tingkat penguasaan teks baik, intonasi baik, dan mimik tidak baik.
Cukup : Jika tingkat penguasaan teks baik, intonasi tidak baik, dan mimik tidak baik  Kurang : Jika tingkat penguasaan teks tidak baik, intonasi tidak baik, dan mimik tidak baik.
Tugasku
Bekerjasamalah dengan orang tua untuk mencatat apa saja yang sudah kalian lakukan yang sesuai dengan sifat-sifat nabi dan rasul di rumah!
Rubrik Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut.
1)   Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2)   Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3)   Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik kurang sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.









 LEMBARPENILAIAN
No
NamaSiswa
Performance
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






Mengetahui ,                                                              Semarang, 2 desember 2014
Kepala sekolah MI Walisongo                                                Guru kelas IV                                                                                                                        


Ismail , SM, M.Ag
NIP. 1122466345112014



Alfi Nur  Santi
NIM. 123911031


Tidak ada komentar:

Posting Komentar