salju

Rabu, 07 Januari 2015

Cara meringkas buku

Cara meringkas buku
Meringkas buku adalah kegiatan mencatat dari hal-hal yang di anggap penting dalam subuah buku. Ringkasan di susun berurutan seperti tulisan aslinya. Kegunaan meringkas buku adalah untuk menguasai isi yang terdapat dalam teks asli, namun singkat dan padat. Sebuah teks yang berisi puluhan halaman dapat di ringkas menjadi beberapa halaman (Nani Darmayanti, 2006). Meringkas buka bisa dibilang sasah-susah gampang. Bagi yang sudah berpengalaman meringkas buku bukanlah pekerjaan yang sulit, tapi bagi pemula mungkin ini adalah pekerjaan yang tidak mudah. Bagi pemula biasanya akan bertanya-tanya “mana yang harus saya tulis, karena saya piker semuanya adalah penting”, sehingga tidak jarang mereka menulis semua apa yang ada di dalam buku. Kalau demikian berarti kita tidak meringkas melainkan menyalin.
Kegiatan meringkas ini dilakukan dengan berbagi tujuan, bisa karena tugas sekolah ataupun keinginan kita sendiri. Kalau untuk keperluan sendiri, kita mungkin bisa lebih selektif, tapi kalau ini adalah tugas maka, kita perlu cara yang jitu supaya, tugas yang kita kerjakan bisa selesai tepat waktu.Untuk dapat meringkas buku dengan baik, ada beberapa tips meringkas buku yang efektif untuk mendapatkan hasil ringkasangan yang baik dan bermanfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut:
Memahami isi atau gambaran umum sebuah buku
Untuk dapat melakukan review yang baik dari sebuah buku, maka pekerjaan pertama yang harus kita lakukan adalah memahami gambaran umum buku tersebut. Disini kita tidak harus membaca buku secara keseluruhan, karena itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama.Kita bisa membaca synopsis dari sebuah buku, jika buku tersebut memang ada sinosisnya. Jika tidak kita bisa memahami pendahuluan atau kata pengantar yang ditulis oleh penulis, biasanya disini penulias menjelaskan secara umum tentang garis besar isi buku.
Memahami gambaran isi sub bab dalam buku
Setelah kita memahami gambaran umum buku, langkah selanjutnya kita melakukan kajian terhadap tiap bab yang ada dalam buku. Ada berapa bab buku tersebut, cara ini dilakukan untuk memahami keterkaitan antara bab satu dengan yang lain. Dengan begitu kita akan tau alur dari isi sebuah buku.
Melakukan pencatatan pada hal-hal yang dianggap penting
Kegiatan ini sangat penting karena kita jadikan acuan dalam meringkas sebuah buku. Jangan sampai kita melewatkan hal-hal penting . karena jika terlewat kita bisa kehilangan keterkaitan antara bab satu dengan yang lainnya. Catatan ini dibuat secara simple hingga memudahkan kita dalam memulai kegiatan meringkas
Mulai menulis dengan membuat dafar dari hasil catatan yang kita buat
Dari hasil catatan yang kita lakukan kita membuat semacam draf atau tabel untuk lelih memudahkan kita dalam bekerja. Tabel ini akan sangat membantu kita dalam menentukan alur dari isi sebuah buku
Silahkan mulai meringkas
Setelah langkah demi langkah kita lakukan, maka hal yang dikerjakan terakhir mulailah meringkas, jangan tunggu besok-besok, luangkan waktu sehingga kegiatan tersebut tidak menggangu aktifitas kita yang lain.
Penggunaan tata tulis dan bahasa
Dalam meringkas buku juga harus memperhatikan tata tulis dengan baik. Hal ini akan lebih memudahkan mempelari ringkasan yang kita buat. Setelah kita selesai meringkas, langkah selanjutny adalah mengevaluasi ringkasan. Bacalah ringkasan kita, dari awal sampai akhir, perbaiki tulisan atau penggunaan tata bahasa yang salah, lakukan hal ini dengan baik, karena selain melatih menulis yang baik, juga melatih bagaimana menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar